Selamat datang di blog jual-beli dan numismatika Indonesia




Sabtu, 18 Februari 2012

Rp100 Perahu Layar


Oleh: Eko Nurhuda - UangLama.com




BANYAK hal-hal unik seputar uang lama yang saya temui selama menekuni dunia numismatik, khususnya setelah membuka blogstore UangLama.com ini. Hal unik yang paling sering saya jumpai adalah banyaknya orang-orang mencari uang-uang 'aneh' dengan harga selangit. Salah satunya adalah uang Rp100 perahu layar.

Semua orang tentu tahu Rp100 tahun 1992 yang bergambar perahu phinisi. Uang inilah yang sering disebut sebagai uang kapal layar.

Wajar, karena uang tersebut bergambar kapal. Lebih tepatnya lagi bergambar perahu phinisi, sebuah kapal legendaris dari Sulawesi. Karena itulah tulisan yang ada di bawah gambar kapal pada uang tersebut adalah 'Perahu Phinisi'.

Coba lihat gambar berikut:


Rp100 tahun 1992 asli yang beruliskan 'perahu phinisi'.

Nah, uniknya ternyata ada ditemukan uang Rp100 tahun 1992 yang bertuliskan 'Perahu Layar'. Uang ini beredar di pasaran, dan dapat ditemukan dengan mudah di sejumlah penjual uang lama kelas kakap. Seperti halnya uang-uang 'aneh' lainnya, uang Rp100 Perahu Layar ini juga berharga sangat mahal. Saya pernah menemui di sebuah situs jual-beli lokal, uang ini ditawarkan dengan harga Rp500.000 per lembar. Bahkan ada yang sampai menawarkannya seharga milyaran rupiah. Gila!

Untungnya saya tak segila itu. Meski banyak yang terus menanyakan uang ini via sms, telepon, BBM ataupun email, saya sama sekali tak berminat menjual uang Rp100 perahu layar. Kenapa, karena saya tahu uang ini adalah uang rekayasa yang memang diciptakan oknum-oknum tertentu. Mereka memanfaatkan keawaman masyarakat terhadap uang lama demi materi.

Berikut gambarnya:


Rp100 Perahu Layar, khusus buat yang penasaran.

Catatan: Ada baiknya baca dulu ulasan mengenai uang Rp100 tahun 1992 dan uang Rp100 Perahu Layar ini: Misteri Rp100 Perahu Layar.




Creative Commons License

Tulisan berjudul Rp100 Perahu Layar ini dilindungi lisensi Creative Commons. Anda bebas menyalin, mendistribusi, dan atau mentransmisi sebagian atau seluruh isi artikel untuk tujuan nonkomersil, serta dengan menyebutkan sumber artikel. Terima kasih.

Yuk, biasakan berkomentar dengan santun dan cerdas!

Gunakan akun Facebook untuk mengomentari artikel/berita ini. Nama Facebook-mu, foto, dan informasi personal lain yang kamu tandai sebagai 'Public' di akun Facebook, akan tampil bersama dengan komentarmu. Berkomentarlah yang sopan.


Online Support

CS 1

CS 2


M.E.N.U

Cara Order

Pembayaran

Ongkos Kirim

Kontak Kami

Tentang Kami