Desa Banjardawa RT 02 RW 07, Kec. Taman, PEMALANG - Jawa Tengah 52361




Sabtu, 18 Februari 2012

Misteri Rp100 Perahu Layar


Oleh: Eko Nurhuda - UangLama.com

DI kalangan numismatis Indonesia, kalau kita menyebut "uang perahu layar" atau "uang kapal layar", maka itu yang dimaksud adalah Rp100 tahun 1992. Uang tersebut bagian depannya memang bergambar sebuah kapal, tepatnya kapal phinisi asal Sulawesi yang sangan legendaris itu. Dalam bahasa Indonesia sesuai EYD, nama kapal tersebut menjadi Perahu Phinisi. Pada uang Rp100 tahun 1992, tertulis "PERAHU PINISI" (tanpa "H").

Foto: koleksi pribadi
Rp100 tahun 1992 asli, bergambar dan bertuliskan 'Perahu Pinisi'.
Coba perhatikan gambar berikut. Inilah uang Rp100 tahun 1992 yang asli. Di bawah gambar kapal terdapat tulisan 'Perahu Pinisi'. Uang ini mulai diedarkan sebagai uang kertas yang sah sebagai alat tukar (legal tender) sejak 28 Desember 1992. Peredarannya berbarengan dengan Rp500 tahun 1992 bergambar orangutan. Uang ini beredar cukup lama, yakni sampai tahun 2000. Karena itu, pada uang ini terdapat berbagai cetakan tahun (1992–1996,1999,2000) yang menandakan waktu cetak ulangnya.

Pada tanggal 29 November 2000, Rp100 tahun 1992 ditarik dari peredaran. Nah, setelah itu mulailah beredar berbagai macam isu seputar uang ini. Satu isu yang paling sering ditemui adalah adanya Rp100 tahun 1992 bertuliskan 'PERAHU LAYAR'. Entah bagaimana asal-usulnya, uang fiktif ini kemudian jadi barang mahal. Dengan dibumbui sebagai uang langka dan susah dicari, Rp100 Perahu Layar dihargai gila-gilaan. Seorang penjual di tokobagus.com menawarkannya seharga Rp500.000 per lembar. Edan!

Aslikah uang Rp100 kapal layar ini? Jawabannya sangat mudah. Buka saja situs Bank Indonesia, cari daftar uang yang pernah diedarkan oleh bank sentral negara kita ini. Adakah uang dengan ciri-ciri seperti uang kapal layar itu dalam daftar BI? Kalau tidak ada, berarti itu uang palsu. Atau coba lihat daftar uang yang pernah beredar di Indonesia di halaman Wikipedia ini. Coba lihat apakah uang perahu layar ada di sana? Bisa dipastikan halaman itu tidak memuat Rp100 Perahu Layar.

Tapi, uang itu ada! Ya, memang ada. Bukankah tadi sudah dibilang ada orang yang menjualnya di tokobagus atau KasKus. Ada yang menjual berarti barangnya ada. Masalahnya, itu uang asli atau rekayasa? Di kalangan numismatis, tidak dikenal Rp100 perahu layar bertuliskan 'Perahu Layar'. Numismatis murni, baik numismatis lokal Indonesia maupun mancanegara, hanya mengenal Rp100 tahun 1992 bertuliskan 'Perahu Pinisi'. Jadi, bisa disimpulkan kalau uang seratus perahu layar itu bukan uang resmi yang dikeluarkan BI.

Berikut beberapa mitos menyesatkan lain seputar Rp100 tahun 1992:
1. Banyak orang yakin uang ini sangat langka sehingga harganya tinggi. Faktanya, uang ini sangat mudah ditemukan. Jangan kata satu-dua lembar, mau beli ribuan lembar pun masih bisa. Di kalangan numismatis uang ini tergolong 'uang sayur', alias uang yang masih mudah dicari dan harganya murah. Biasanya Rp100 tahun 1992 dipatok dalam kisaran harga Rp5.000/lembar atau lebih murah. Saya bahkan pernah mendapat tawaran satu brut seharga Rp650.000, artinya per lembar hanya Rp650.

Foto: courtesy Esenta BC
Rp100 tahun 1992 bertuliskan 'Perahu Layar'.
Nah, biasanya yang dihargai mahal itu Rp100 tahun 1992 emisi 1992. Maksudnya, uang Rp100 tahun 1992 cetakan pertama, yang di sudut kanan bawah bagian depannya terdapat tulisan "Perum Percetakan Uang RI IMP. 1992". IMP. adalah singkatan dari "imprint" yang kurang lebih berarti "cetakan" atau di kalangan numismatis disebut sebagai emisi. Rp100 tahun 1992 emisi 1992 memang lebih mahal dari emisi-emisi lainnya, namun harganya tak akan lebih dari Rp10.000/lembar.

2. Uang ini ada yang memiliki benang pengaman. Aslinya Rp100 tahun 1992 tidak disisipi benang pengaman. Satu-satunya piranti pengaman uang ini adalah watermark bergambar Garuda Pancasila. Sama seperti kasus uang perahu layar, ada oknum-oknum tertentu yang kemudian menyisipkan benang pengaman pada uang Rp100 tahun 1992, lalu menyebarkan 'busa mulut' sehingga uang rekayasa inipun menjadi sangat dicari dan harganya selangit.

3. Uang ini dapat diubah (oleh orang sakti atau dukun) menjadi Rp100.000. Secara logika tentu saja ini tidak masuk akal. Namun faktanya banyak sekali orang yang percaya bualan ini. Saya sendiri sangat sering menerima pesanan Rp100 tahun 1992 dalam jumlah banyak. Mungkin ini terkait dengan kepercayaan kalau uang tersebut bisa 'disulap' jadi Rp100.000. Pernah seorang ibu dari Bogor minta dicarikan 10.000 lembar alias 10 brut. Meski tidak punya stok sebanyak itu, saya bisa saja mencarikannya ke beberapa kenalan di Surabaya, Jogja, atau Jakarta. Bayangkan sendiri berapa besar keuntungan yang bakal saya raup. Masalahnya, saya tidak mau si ibu jadi korban. Maka saya bilang saya cuma punya stok segepok alias 100 lembar.

Bagaimana, masih mau tertipu dengan berbagai mitos menyesatkan seputar Rp100 tahun 1992? Mudah-mudahan tidak lagi.



Creative Commons License

Tulisan berjudul Misteri Rp100 Perahu Layar ini dilindungi lisensi Creative Commons. Anda bebas menyalin, mendistribusi, dan atau mentransmisi sebagian atau seluruh isi artikel untuk tujuan nonkomersil, serta dengan menyebutkan sumber artikel. Terima kasih.

Sudah ada 42 komentar. Mau nambahin lagi?



brownis berkata...

saya ada uang 100 tahun 92 ada 13 lembar harga 1 lembar Rp.1.500.000.- hub 087790421166 yang udah laku 5 lembar

wagiman,suparman harjo giman berkata...

KOIN MUNTVAN HET KONINGRIJKDER NEDERLANDEN 2 ½ G Th 1898.Hub. WAGIMAN ( 02191992477 / 085691231136 )

movie21links berkata...

saya ada uang Rp. 100 (1992) disudut kanan bawah bagian depannya terdapat tulisan "Perum Percetakan Uang RI IMP. 1992" saya jual Rp.100.000/lembar, ada sekitar 30 lembar. hubungi no. Hp.:085266997088. email : j0h4n76@yahoo.com
dijamin asli. website : http://lelang-uangkuno.blogspot.com, kontak diantara jam 8.00 - 18.00WIB.

Ajis Aja berkata...

Mantap I fo nya gan
mampir di blog kuno http://azispalembangku.blogspot.com

sandi berkata...

>mass ane punya uang .
> rp 500 th 1992
>rp 500 th1988
>dan
>rp 100 rupiah th 1984
>rp 100 rupiah th1992
>dan rp 10000 1992
saya juga masih punya banyak uang kuno RP10000 soekarno !
KALAU ADA YG BERMINAT HUBUNGI SAJA 081294923242
KALAU G AKTIF HUBUNGI LEWAT FB sandisedut@yahoo.com

www.god of war 2.com berkata...

gini boss.. saya mau tanya,,, uang logam Rp 100 rupiah tahun 1971 ada ngga sii?? saya ragu akan keberadaan uang tersebut.. tapi uang itu ada. . .

SURYA MANDA berkata...

saya jg punya 89 lembar uang 100 1992 yg bertuliskan perahu pinisi... perum percetakan uang RI IMP 1992... DAN ADA SERI ZEP 200022,..JBG 255599,..BEE 229452,...FDO 222102...YET 288555,..CAP200065,..QBC 222751,..LHC 279595,..MFB 225567 YG BERMINAT HUB SAYA 081370563626/081901083236 MEDAN

ryant nury berkata...

dicari uang 50 rb thn 1991
dgn ciri ciri
* depan gambar pak harto senyum pakai baju pramuka(coklat). pakai duk
*belakang gambar gerek bendera besar
*sisi kanan atas ada tulisan edisi khusus
* dibawahnya ada tulisan percetakan th 1991
dibwah lagi ad tlisan th 91(tulisa tidak blobor)
*pojok kanan atas terdapat tulisan salah satu negara pemegang hak veto( ditrawang dgn sinar mtahari)
*warna kertas kecoklatan tidak biru

yg mempunyai hub saya
08974995116
saya hargai 10 jt rupiah/lembar

Dwi Setya berkata...

Saya pny uang
Rp5c - nederlandsch indie th 1921
Rp25 - juliana koningin th 1965
Rp5ct - beatrix koningin th 1982
Rp2 1/2 - nederlandsch indie th 1945
Rp 100 - perahu pinisi th 1992
Rp100 - koin yg tebal th 1973
Rp100 - koin yg tipis th 1978
Rp100 - kertas burung goura victoria th 1984
Klo minat hub saya 087783213223

Dara Rara berkata...

saya punya uang 100 rupiah gambar perahu warna merah muda
100 rupiah pecahan tahun 98, 96, 95, 97 , dan 94.
1000 pecahan tahun 2000, 96, 95.
yang berminat hubungi 089622281104 / 089622281141
atau lewat e-mail ( daraa.vara@yahoo.com )
terimakasih :)

Hafizh Document Immigration Service berkata...

saya ada uang Rp 100 Tahun 1992 masih gres dan asli (berseri), saya ada 100 lembar....100 lembar kami lepas 10jt, MINAT Hub : 081280011488...(Khusus Peminat/Kolektor)

amee baragi berkata...

saya punya
uang Rp.100 tahun 1992 masih dalam keadaan bagus dan asli/ berseri.sebanyak 10 lembar
uang koin 100 rupiah yang besar
uang koin lama ada tulisan mandarin 5 buah.
yang berminat hubungi 085713121475
atau e-mail ( ameebaragi@gmail.com)
terimakasihh..

Yulianus Pathibang berkata...

Lelang:
1. KONINGRIJK DER NEDERLANDEN 1916 (1 CENT)
2. KONINGRIJK DER NEDERLANDEN 1902 (1 CENT)
3. KONINGRIJK DER NEDERLANDEN 1927 (1 CENT)
4. KONINGRIJK DER NEDERLANDEN 1899 (1 CENT)
5. KONINGRIJK DER NEDERLANDEN 1928 (1 CENT)
6. KONINGRIJK DER NEDERLANDEN 1880 (1 CENT)
7. KONINGRIJK DER NEDERLANDEN 1915 (1 CENT)
8. KONINGRIJK DER NEDERLANDEN 1920 (1 CENT)
9. GEORGIVS VI D:G:BR:OMN:REX 1940 (ONE SHILLING)
10. NEDERLANDSCH INDIE 1945 (21/2 CENT)
11. WILHELMINA KONINGIN DER NEDERLANDEN 1931 (2 1/2 G)

Yang minat hub. Via: rose8804@gmail.com

Witri Indriana berkata...

Saya ada uang 2,5 rupiah tahun 1946 Keresidenan Lampung. Ada yang berani bayarin Rp 6000.000? hubungi 081379255405

sunduz zakiyya Suprojo berkata...

saya py uang Rp. 100 tahun 1992
stok 49 lb
dijual dengan harga 10.000 perlembar
minat hub. 085641473699

movie21links berkata...

jual uang lima ratus rupiah keluaran tahun 1991 gambar
monyet bergelantung, harga 1 juta (Nego), yang berminat hubungi :
085266997088

http://lelang-uangkuno.blogspot.com/

gambar uang 500
http://lelang-uangkuno.blogspot.com/2013/05/500-rupiah-tahun-1991.html

JayChou Boo berkata...

aku ad uang logam

5 rupiah tahun 1974 (program KB)
10 rupiah tahun 1971 n 1974
25 rp tahun 1971

20 sen logam malaysia tahun 1976
10 cents uang malaysia (cv brooke rajah) taun 1934

1/10gulden neder indie tahun 1918
5 cent (nederlandsch indie) 1913, ada bolong di tengah

hubungi 085245 824141

serius aj gan

Putra Madi Widiatama berkata...

Saya punya koleksi uang lama pecahan 100, 500, 1000, 5000, 10000, 20000, 50000. Minat hub : 085247112120. Kondisi uang masih mulus..

Edi Sjr berkata...

Saya punya uang rp. 50.000,- gambar suharto mesem. Uang sukarno rp.1000,- warna merah. 1 lmbar. Warna hijau 1 lmbar. Warna hijau separuh warna merah separoh satu lembar. Jd semua ada 3 lmbar semuanya kalo ditaruh ditelapak tangan B̲̣̣̣̥ι̥șɑ̤̥̈̊ melengkung spt huruf (__u___)..uang rp 100,- th 92 perahu layar. 1 lembar.

UANG-KUNO-KU berkata...

DIJUAL BORONGAN
Elizabeth th 1957
Elizabeth th 2006
Elizabeth th 1975
Elizabeth th 2007
Elizabeth th 1979
Elizabeth th 1980
Elizabeth th 1974
Elizabeth th 1983
Elizabeth th 1995
Elizabeth th 1999
Elizabeth th 1979
Elizabeth th 1985
Elizabeth th 2009
Elizabeth th 1983
Elizabeth th 1991
Elizabeth th 1994
Elizabeth th 1984
Elizabeth th 1975
Elizabeth th 1978
Elizabeth th 1975
Elizabeth th 1974
Elizabeth th 1980
Elizabeth th 1983
Elizabeth th 1974
Elizabeth th 1983
Elizabeth th 1966
Elizabeth th 1970
Elizabeth th 1980
Elizabeth th 1989
Elizabeth th 2006
Elizabeth th 1988
Elizabeth th 1987
Elizabeth th 1990
Elizabeth th 1978
Elizabeth th 1987
Elizabeth th 1983
Elizabeth th 1975
Elizabeth th 1987
Elizabeth th 1971
Elizabeth th 1966
Elizabeth th 1975
Elizabeth th 1983
Elizabeth th 1983
Elizabeth th 1983
Elizabeth th 1983
Elizabeth th 1978
Elizabeth th 1983
Elizabeth th 1982
Elizabeth th 1988
Elizabeth th 1987
Elizabeth th 1989
Elizabeth th 1968
LIBERTTY th 1999
LIBERTTY th 1981
LIBERTTY th 1980
LIBERTTY th 1974
LIBERTTY th 1971
LIBERTTY th 1985
LIBERTTY th 1960
LIBERTTY th 1997
LIBERTTY th 1977
LIBERTTY th 1978
LIBERTTY th 1980
LIBERTTY th 1968
LIBERTTY th 1988
LIBERTTY th 1987
LIBERTTY th 2002
LIBERTTY th 1965
LIBERTTY th 2005
LIBERTTY th 1996
LIBERTTY th 1983
LIBERTTY th 1963
LIBERTTY th 1993
LIBERTTY th 1961
LIBERTTY th 1996
LIBERTTY th 2000
LIBERTTY th 1995
LIBERTTY th 2007
LIBERTTY th 1994
LIBERTTY th 1968
50 SEN DIPONEGORO th 1955
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1955
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1957
50 SEN DIPONEGORO th 1952
50 SEN DIPONEGORO th 1952

Hub 087878195244
Jumlah 100 coint

diah astuti berkata...

saya ada uang kertas seratus rupiah tahun 1968 15 lembar,kondisi uang masih sangat bagus,minat Hub.082187151991

rheyno giovan berkata...

Sya punya uang 500 tahun 1959 . Dan 5000 coin besar , tahun 1974 gambar orang utan , jika berminat hub, 085355779109

hendra atmoko berkata...

Sya Ada duit 100 1992 gambar perahu pinisi Dan 100 1977 gambar badak. Ada yg minat membeli hub: 081384236138

Anonim berkata...

buat teman2x saya mau tanya nih....apa ada teman2x yang nyimpan uang 500 kertas tahun 1991....kalau ada saya mau beli 100 rb/perlembarnya....hubungin saya ya.....kalau ada di 081361534899

aldy pranata berkata...

bagi teman teman yang mencari uang kuno bisa mengunjungi
http://uangkunobengkalis.blogspot.com/
harga murah meriah
NB: untuk yang pesan banyak harga masih bisa nego
dan untuk yang mencari uang Rp.100 pinisi emisi 1992 disudut kanan bawah bagian depannya terdapat tulisan "Perum Percetakan Uang RI IMP. 1992" saya jual Rp.800.000/gepok (100 lembar) bagi yang mau ambil sedikit juga bisa harga 10.000/lembar. kondisi barang masih baru (UNC) atau bisa menghubungi secara langsung di 0813-7141-3191

As'ad Budiardi berkata...

saya punya uang kertas Rp. 100,- sebanyak 2.000 lembar ada yang minat hub. 087850231981

imam mulyono berkata...

Saya punya uang rp100 perahu penisi ada 22 lembar kondisi mulus harga anda yg menentukan..jika harga co2k langsung jadian..hub 089668941967

Samsudi berkata...

ikut nimbrung nihh :D aku punya uang 5 sen uang kertas tahun 45 2 lembar, 1 sen uang kertas tahun '45 10 lembar, 10 sen uang kerats tahun '45 33 lembar, uang Jepang 10 sen (tanpa tahun) 7 lembar, 1 sen ( tanpa tahun) 4 lembar, 5 sen ( tanpa tahun) 5 lembar, Rp 10 tahun '63 1 lembar, Rp 10 tahun '59 2 lembar.
CP : 085292755518
terima kasih, bisa COD Jogja

kubil ganteng berkata...

mas saya juga ad uang pecahan 100, 500 RP tahun 1992, saya mu jual 50000/ lembar nya jika ada yang berminat HUB 085716517017

Firmansyah Firman berkata...

Saya cari uang 100 logam tahun 1971 afa yg punya gak ya...kalo ada ada yg punya saya beli...bisa hub 085320012123

aldy pranata berkata...

---------------UPDATE-----------------
bagi teman teman yang mencari uang kuno bisa mengunjungi
http://uangkunobengkalis.blogspot.com/
harga murah meriah
NB: untuk yang pesan banyak harga masih bisa nego
dan untuk yang mencari uang Rp.100 pinisi emisi 1992 disudut kanan bawah bagian depannya terdapat tulisan "Perum Percetakan Uang RI IMP. 1992" saya jual Rp.500.000/gepok (100 lembar) bagi yang mau ambil sedikit juga bisa harga 6.000/lembar. kondisi barang masih baru (UNC) TERSEDIA JUGA KOIN TAHUN 1971. RP 100 PERAHU LAYAR TAHUN 1991 DAN RP 500 MONYET GANTUNG TAHUN 1991atau bisa menghubungi secara langsung di 0813-7141-3191.TERIMA KASIH

Aris Hidayat berkata...

Cari uang kuno murah?
ayo merapat ke : uangkoleksi.blogspot.com

Poskan Komentar

Online Support

CS 1

CS 2


M.E.N.U

Cara Order

Pembayaran

Ongkos Kirim

Kontak Kami

Tentang Kami