6 Oktober 2011

Uang Mahar: Rp5 Tahun 1959




Gambar depan (obverse):
Bunga tuberose (sejenis mawar) di tengah-tengah uang diapit oleh ornamen hias pada kanan-kirinya, tulisan 'LIMA RUPIAH' di sebelah kanan agak atas, tulisan "BANK INDONESIA" pada tengah atas, angka "5" besar-besar pada sudut kanan atas-bawah dan kiri bawah.

Tanggal penerbitan uang ditandai dengan tulisan "Djakarta, 1 Januari 1959" pada bagian tengah bawah, diapit tanda tangan Gubernur Bank Indonesia saat itu, Loekman Hakim, dan Direktur TRB Sabaroedin. Di bagian luar desain uang, terdapat tulisan kecil berbunyi "Thomas de la Rue" yang merupakan nama percetakan tempat uang Rp5 tahun 1959 diproduksi.

Gambar belakang (reverse):
Lingkaran putih dengan watermark Garuda Pancasila di tengah, diapit empat ekor burung sunbird yang tengah menghisap madu bunga. Terdapat ornamen hias di bagian kanan-kiri luar, serta pojok kanan-kiri bawah. Terdapat tulisan peringatan mengenai larangan pemalsuan atau meniru uang kertas beserta ancaman hukuman penjara yang dicetak kecil-kecil pada bagian tengah bawah. Angka lima dalam kotak di sudut kanan atas dan kiri bawah.

Nomor seri:
Angka "5" diikuti variasi tiga huruf dan lima angka, terletak pada sisi kiri-tengah dan kanan-atas bagian depan uang. Ada juga yang memiliki variasi dua huruf.

Tahun terbit:
1 Januari 1959, sesuai yang tertera di sebelah tengah bawah pada bagian depan uang.

Tandatangan:
Loekman Hakim (Gubernur Bank Indonesia 1958-1959)
TRB Sabaroedin (Direktur)

Ukuran:
125 x 65 mm.


Catatan: Mohon gunakan gambar di atas sebagai referensi/gambar contoh saja. Uang yang Anda terima bisa jadi memiliki perbedaan nomor seri dari yang tertera pada gambar di atas.
BAGIKAN ARTIKEL INI
loading...

4 komentar: