Langsung ke konten utama

Rp100 Tahun 1984, Uang Burung Dara





Gambar depan (obverse):
Burung Dara Mahkota (Goura victoria) di tengah rimbunnya hutan tropis pada sebelah kiri, tulisan "BANK INDONESIA" bersusun-susun atas ke bawah dengan angka '100' dan tulisan "SERATUS RUPIAH" besar di tengah, lingkaran putih dengan watermark pada sisi kanan. Angka "100" yang merupakan nominal uang pada sudut kiri-atas dan kanan-bawah, Garuda Pancasila kecil di sudut kanan-atas, ornamen tulisan "BI" pada sudut kiri-bawah.

Angka "1984" yang merupakan tahun terbit uang terletak di bagian tengah-bawah, diikuti tanda tangan Gubernur Bank Indonesia saat itu, Arifin M. Siregar, dan Direktur Sujitno Siswowidagdo. Di bagian luar desain, tepatnya di tepi bawah, terdapat tulisan "Heru Soeroso Del" pada sisi kiri dan "Perum Percetakan Uang RI IMP" pada sisi kanan. Bagian pertama menerangkan nama perancang uang, sedangkan bagian kedua menerangkan perusahaan pencetak uang.

Gambar belakang (reverse):
Gambar Bendungan Asahan yang berlokasi di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, pada 2/3 bagian uang. Di sebelah kiri terdapat lingkaran putih dengan watermark. Angka "100" yang merupakan nominal uang terletak pada sudut kiri-atas dan kanan-bawah uang, tulisan "BANK INDONESIA" pada tengah atas, dan peringatan mengenai larangan meniru atau memalsukan uang kertas beserta ancaman hukuman penjara dalam kotak kecil pada bagian tengah-bawah.

Nomor seri:
Variasi tiga huruf dan enam angka, terletak di sisi kiri-bawah dan kanan-atas pada bagian belakang uang.

Tahun terbit:
1984, sesuai yang tertera di uang.

Tandatangan:
Arifin M. Siregar (Gubernur Bank Indonesia 1983-1988)
Sujitno Siswowidagdo (Direktur)

Ukuran:
133 x 64 mm.


Catatan: Mohon gunakan gambar di atas sebagai referensi/gambar contoh saja. Uang yang Anda terima bisa jadi memiliki perbedaan nomor seri dari yang tertera pada gambar di atas.

Komentar

  1. Balasan
    1. Seperti tertera di bagian bawah uang, pelukisnya adalah Heru Soeroso. Mengenai pelukis uang sudah pernah kami bahas di kesempatan sebelumnya, silakan dibaca di http://www.uanglama.com/2012/03/mengenal-perancang-uang.html

      Hapus
  2. Balasan
    1. Link yang Anda tinggalkan juga sangat menarik, semoga bermanfaat ya...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Rp100 Perahu Layar

Daftar Lengkap Uang Kertas Rp100 (1945-1992)

Rp500 Tahun 1992, Uang Orangutan

Kontak Kami