Langsung ke konten utama

Uang Mahar: Rp10 Tahun 1959




Gambar depan (obverse):
Lingkaran putih di tengah-tengah, dikelilingi empat kuntum bunga. Tulisan "BANK INDONESIA" di tengah atas, diapit oleh angka "10" besar dalam ornamen hias di sisi kanan-kiri atas. Ornamen dengan warna dominan merah menjadi corak utama. Tulisan "Djakarta, 1 Januari 1959" di tengah bawah, diapit oleh tanda tangan Gubernur Bank Indonesia Loekman Hakim dan Direktur TRB Sabaroedin.

Gambar belakang (reverse):
Warna dominan hijau terang. Terdapat lingkaran putih di tengah, dikelilingi empat ekor burung kakatua yang tengah hinggap di atas ranting pada kiri-kanan lingkaran. Tulisan angka "10" dalam kotak di sudut kanan-kiri bawah uang.

Nomor seri:
Angka '10' di depan dengan variasi tiga huruf dan lima angka, terletak di bagian depan uang pada sisi kanan atas dan kiri bawah uang. Ada juga variasi huruf dan angka lainnya, tapi selalu didahului oleh angka '10' sebagai penanda nominal uang.

Tahun terbit:
1 Januari 1959, sesuai yang tertera di bagian depan uang.

Tandatangan:
Loekman Hakim (Gubernur Bank Indonesia (1958-1959)
TRB Sabaroedin (Direktur)

Ukuran:
133 x 68 mm.


Catatan: Mohon gunakan gambar di atas sebagai referensi/gambar contoh saja. Uang yang Anda terima bisa jadi memiliki perbedaan nomor seri dari yang tertera pada gambar di atas.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Rp100 Perahu Layar

Daftar Lengkap Uang Kertas Rp100 (1945-1992)

Rp500 Tahun 1992, Uang Orangutan

Kontak Kami