Langsung ke konten utama

The International Bank Notes Society (IBNS)



KALAU kita melihat-lihat situs jual-beli uang milik bule alias yang berbahasa Inggris, rata-rata pemiliknya mencantumkan status sebagai member dari IBNS beserta sederet nomor keanggotaan. Sebenarnya apa sih IBNS yang merupakan singkatan dari The International Bank Notes Society itu? Berikut sedikit penjelasannya.

IBNS adalah sebuah organisasi nonprofit yang didirikan pada tahun 1961 di AS. Pendirian organisasi ini ditujukan untuk lebih memasyarakatkan pengetahuan seputar mata uang dunia. Dalam situs resminya, IBNS menyatakan bahwa tujuan mereka adalah untuk mempromosikan, menstimulasi, serta meningkatkan study dan pengetahuan tentang mata-mata uang dunia. Termasuk di dalamnya sejarah mata uang dan pengetahuan yang bersifat saintifik.

Saat ini diperkirakan member IBNS telah mencapai angka 1.700 orang di sekitar 90 negara. Beberapa hal positif yang bisa diperoleh sebagai member IBNS antara lain adalah memperoleh jurnal yang berisi tentang isu dan pengetahuan terbaru seputar uang, terutama uang kertas. Benefit lain, member juga diberi direktori seluruh member beserta penjual uang lama terpercaya dari seluruh belahan dunia.

Dengan manfaat yang dijanjikan ini, tentu saja keanggotaan IBNS tidak gratis. Ada semacam iuran yang harus dibayar oleh member. IBNS membedakan membernya atas 4 kategori, yakni Individual, Group, Junior, dan Family. Untuk mendaftarkan diri di kategori Individual, calon member diwajibkan membayar sebesar $33.00. Individual adalah kategori khusus pendaftar perorangan.

Yang menarik, setiap tahun IBNS mengadakan pemilihan uang terbaik yang diberi titel "The IBNS Bank Notes of the Year". Pemilihan ini melibatkan seluruh uang kertas yang dikeluarkan di seluruh negara di dunia pada tahun sebelumnya. Penilaian diberikan antara lain atas tampilan uang. Untuk tahun 2009, gelar The IBNS Bank Notes of the Year diberikan untuk mata uang Samoa pecahan 20 tala. Uang ini mengalahkan delapan mata uang lain yang dinominasikan oleh member-member IBNS.

Penjelasan lebih lanjut tentang uang pemenang ini kita lanjutkan di posting berikutnya ya..? ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Rp100 Perahu Layar

Daftar Lengkap Uang Kertas Rp100 (1945-1992)

Rp500 Tahun 1992, Uang Orangutan

Kontak Kami