12 Maret 2016

Daftar Nominasi Banknote of the Year 2015


PEMILIHAN mata uang terbaik tahunan bertajuk Banknote of the Year 2015 yang diadakan oleh International Bank Note Society (IBNS) akan segera digelar. Penyelenggara telah mengumumkan 20 uang kertas baru yang masuk dalam nominasi final. Selanjutnya akan dipilih satu untuk ditetapkan sebagai Banknote of the Year 2015.

Pengajuan nominasi ditutup IBNS sejak 31 Januari 2016 lalu. Setelah melakukan seleksi, dari sekian banyak uang baru yang diterbitkan sepanjang tahun 2015 terpilihlah 20 nominasi yang daftar lengkapnya diumumkan di laman resmi IBNS.

Kini IBNS tengah menggelar penjurian untuk memilih satu uang kertas dengan desain terbaik dan fitur keamanan paling mengesankan untuk ditetapkan sebagai Banknote of Year 2015. Proses penjurian yang dilakukan dengan cara voting oleh seluruh member IBNS direncanakan rampung pada 20 Maret mendatang.

Satu hal yang menarik perhatian, uang kertas Kazakhstan kembali masuk nominasi tahun ini. Ini merupakan kali kelima secara berturut-turut Tenge ada dalam daftar nominee Banknote of the Year. Tepatnya sejak tahun 2011, di mana uang kertas pecahan 10.000 tenge kemudian keluar sebagai Banknote of the Year 2011. Dua tahun setelahnya Kazakhstan terus terpilih sebagai pemenang dengan pecahan 5.000 tenge (2012) dan 1.000 tenge (2013).

Tahun lalu uang 1.000 tenge dengan desain baru juga masuk nominasi Banknote of the Year 2014. Akan tetapi juri pada akhirnya lebih memilih uang kertas keluaran bank sentral Trinidad & Tobago nominal 50 dolar sebagai pemenang mengalahkan 130 uang lain yang diedarkan sepanjang tahun itu.

Hal menarik lainnya, Suriah yang tengah dirundung konflik internal rupanya masih sempat mencetak mata uang baru. Bank Sentral Suriah mengeluarkan uang kertas nomimal 1.000 pound. Sebuah uang dengan desain bertemakan Romawi kuno. Pada bagian depan (observe) terdapat gambar amphitheater peninggalan Kekaisaran Romawi di Bosra. Sedangkan di bagian belakang (reverse) terdapat repro lukisan di dinding reruntuhan bangunan Romawi di As-Suwayda.

Nominee lain yang mencuri perhatian adalah mata uang 100 yuan keluaran Bank Sentral Tiongkok. Uang ini menggambarkan kecanggihan teknologi bangsa Tiongkok yang tengah mengembangkan teknologi ruang angkasa. Gambar stasiun luar angkasa Tiangong-1 dan satelit Dongfanghong I ada bagian depan (observe). Lalu pada bagian belakang (reverse) memperlihatkan kemajuan teknologi penerbangan yang telah dicapai Tiongkok, berupa gambar burung, pesawat biplane Fung Joe Guey, sebuah pesawat jet jumbo, stasiun luar angkasa Tiangong 1 dan satelit Shenzhou 9 dengan Chang’e 1.

Berikut daftar nominasi Banknote of Year 2015 selengkapnya








































BAGIKAN ARTIKEL INI
loading...

0 comments: