Langsung ke konten utama

Rp1.000 Tahun 1992, Uang Lompat Batu




Gambar depan (obverse):
Pemandangan panorama pegunungan di sekitar Danau Toba di Sumatera Utara menempati dua pertiga bagian depan, terletak pada sisi kiri. Sebuah ornamen hias berwarna kuning emas berlatar belakang putih menjadi pemisah dengan bagian sebelah kanan yang merupakan bidang kosong untuk watermark. Logo Garuda Pancasila, angka tahun penerbitan "1992" dan tanda tangan direksi Bank Indonesia berada di antara kedua bagian tersebut.

Angka "1000" yang merupakan nominal uang diterakan pada sisi kiri-atas dan kanan-bawah, tulisan "BANK INDONESIA" pada bagian atas-tengah, sedangkan tulisan "SERIBU RUPIAH" pada bagian tengah-bawah agak ke kiri, berjajar dengan logo Bank Indonesia di sudut kiri-bawah. Pada bagian luar bawah-kanan, terdapat tulisan "Perum Percetakan Uang RI IMP 1992" yang menginformasikan perusahaan pencetak uang dan tahun emisi uang.

Gambar belakang (reverse):
Seorang pria Nias tengah melakukan upacara lompat batu di sebuah perkampungan tradisional di Pulau Nias, Sumatera Utara. Gambar ini menempati 2/3 bidang, dengan bagian paling kanan berisi ornamen hias dan bagian paling kiri merupakan bidang kosong dengan watermark. Di bagian bawah gambar lompat batu terdapat tulisan kecil-kecil mengenai larangan meniru atau memalsukan uang kertas beserta ancaman pidana bagi pelakunya.

Angka "1000" yang merupakan nominal uang tertera pada sudut kiri-atas dan kanan-bawah, tulisan "BANK INDONESIA" di tengah-atas, dan tulisan "SERIBU RUPIAH" di bagian kanan-bawah. Tepat di atasnya terdapat nomor seri yang juga tertera di sisi kanan-atas uang.

Nomor seri:
Variasi tiga huruf dan enam angka, terletak di bagian kiri-bawah dan kanan-atas pada sisi belakang uang.

Pengaman:
Watermark dan benang pengaman

Tahun terbit:
1992, sesuai yang tertera di uang.
Tahun emisi dapat berbeda-beda, sesuai yang ditunjukkan pada sisi depan bagian kanan-bawah masing-masing uang.

Tandatangan:
Adrianus Mooy (Gubernur Bank Indonesia 1988-1993)
Sujitno Siswowidagdo (Direktur)

Ukuran:
136 x 68 mm.


Catatan: Mohon gunakan gambar di atas sebagai referensi/gambar contoh saja. Uang yang Anda terima bisa jadi memiliki perbedaan nomor seri dari yang tertera pada gambar di atas.

Komentar

  1. Balasan
    1. Sy punya 9 lembar mb..kondisi istimewa,,klo minat hub sy aja di 085266201991..mksih

      Hapus
  2. Sy punya 9 lembar,,kondisinya msih sngat istimewa..gk ada cacat dan patahan sdkitpun..klo ad yg minat slhkan hub di 085266201991

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Rp100 Perahu Layar

Daftar Lengkap Uang Kertas Rp100 (1945-1992)

Rp100 Tahun 1982 Gambar Badak

Rp500 Tahun 1992, Uang Orangutan