Langsung ke konten utama

Nominasi Banknote of the Year 2012

BERBEDA dengan Banknote of the Year 2011 yang waktu voting dan pengumuman pemenangnya molor hingga hampir ke pertengahan tahun, pemilihan uang terbaik sejagat tahun 2012 lebih cepat. International Bank Note Society (IBNS) sudah menutup pengajuan nominasi akhir Januari lalu. Atau tepatnya tanggal 31 Januari 2013.


Oya, karena pemilihan uang terbaik versi IBNS ini dilakukan tiap awal tahun, maka uang terbaik tahun 2012 diumumkan pada awal tahun 2013. Pemenang disaring dari seluruh uang baru yang diterbitkan negara-negara di seluruh dunia sepanjang tahun 2012.

Ada 13 mata uang dari 13 negara yang masuk nominasi pemilihan Banknote of the Year 2012. Yang menarik, uang Malaysia termasuk dalam nominasi tersebut.

Hal ini menggelitik rasa penasaran penulis, kenapa uang Indonesia tidak pernah masuk nominasi? Padahal ada anggota IBNS yang berasal dari Indonesia. Juga, rata-rata uang dalam nominasi tersebut menampilkan gambar tokoh. Sama seperti kebanyakan desain mata uang Indonesia akhir-akhir ini.

Lihat saja. Dari 13 nominasi di bawah, hanya uang Brazil 20 reais dan Kazakhstan 5.000 tenge yang tidak bergambar tokoh dari negara bersangkutan. Tanpa mengurangi rasa hormat pada para tokoh yang potretnya diabadikan dalam uang tersebut, namun nyatanya IBNS of the Year jarang sekali memilih uang bergambar tokoh.

Memang, jarang bukan berarti tidak ada. Namun sejak pertama kali diadakan pada tahun 2004, baru 2 kali uang bergambar tokoh terpilih sebagai pemenang IBNS Banknote of the Year.

Pertama, Banknote of the Year 2004 yang jatuh pada uang Kanada 20 dolar. Uang ini bergambar potret Ratu Elizabeth II di bagian depan (obverse). Yang membuat uang ini cantik adalah bagian reverse-nya.

Kedua, Banknote of the Year 2007 yang memilih uang Skotlandia pecahan 50 pound. Uang ini bergambar Sir Walter Scott, tokoh terkemuka yang banyak menghiasi uang-uang Skotlandia.

Anyway, kita tunggu saja mana dari ke-13 nominasi di atas yang bakal terpilih sebagai IBNS Banknote of the Year 2012.

Btw, uang-uang mana saja yang masuk nominasi IBNS Banknote of the Year 2012? Berikut daftarnya:

Komentar

  1. artikel tentang Uang lama yang bagus dapat menambah wawasan kita para kolektor dan penjual uang kuno.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah menempelkan link Anda di blog ini. Semoga bermanfaat.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Rp100 Perahu Layar

Daftar Lengkap Uang Kertas Rp100 (1945-1992)

Rp100 Tahun 1982 Gambar Badak

Rp500 Tahun 1992, Uang Orangutan