Selamat datang di blog jual-beli uang lama dan numismatika Indonesia




Kamis, 15 Maret 2012

Di Mana Membeli Uang Lama?


Oleh: Eko Nurhuda - UangLama.com


HOBI mengoleksi benda lawas semacam uang lama tentu lekat dengan aktivitas ‘berburu’. Maklum saja, benda kuno seperti uang lama memang tak mudah ditemui. Selain barangnya langka, penjualnya pun tak banyak. Karena itu kolektor dituntut memiliki kesabaran ekstra dalam melengkapi koleksinya.

Ambil contoh Pasar Klithikan Pakuncen di daerah Wirobrajan, Yogyakarta. Dari sekian puluh pedagang di pasar itu, lapak yang khusus menyediakan uang lama hanya ada satu. Di utara Pasar Beringharjo, masih di Yogyakarta, jumlahnya agak banyak. Namun yang khusus berjualan uang lama bisa dihitung dengan jari satu tangan.

Sedikitnya jumlah pedagang uang lama di satu kota membuat kolektor musti membuka mata dan memasang telinga lebar-lebar. Mereka tak boleh terpaku hanya di satu kota saja. Jika uang yang dicari tak bisa ditemui di kotanya, kolektor mau tidak mau harus berburu ke luar kota. Bahkan tak jarang hingga ke luar negeri. Bayangkan sendiri berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan seorang kolektor untuk bepergian jauh seperti itu.

Tertolong Internet
Pengalaman menarik pernah diungkapkan Soegiarto, kolektor spesialis koin asli Bandung yang belakangan menetap di Yogyakarta. Di jaman mudanya dulu, Giarto biasa berburu koin kuno ke luar kota. Ia bahkan pernah sampai ke Sulawesi untuk mengangkat sendiri tumpukan koin kuno yang terpendam di dasar laut.

Itu cerita dulu. Kini kolektor banyak terbantu dengan adanya internet. Cukup dengan mengakses internet di dalam rumah, kolektor bisa mencari uang buruannya ke sejumlah tempat tanpa menghabiskan banyak ongkos. Tinggal klik sana-sini, lakukan transaksi secara online, lalu tunggu barangnya datang.

Ada banyak sekali situs penjual uang lama. Sebagian masih ‘menumpang’ di layanan blog gratis milik Blogger.com, sebagian lagi sudah dikelola lebih serius dengan menyewa hosting dan menggunakan nama domain sendiri. Sekedar menyebut contoh, penjual lokal yang masih menggunakan layanan blog gratis diantaranya http://esenta.blogspot.com milik Esenta Banknote Collection. Sedangkan yang sudah memakai nama domain sendiri diantaranya www.uangkuno.net, www.koleksiuang.com, dan tentu saja www.uanglama.com.

Untuk penjual dari luar negeri, satu nama yang direkomendasikan adalah toko online WorldPaperMoneyMart.com. Pemilik situs ini terdaftar sebagai anggota International Bank Note Society (IBNS), sehingga lebih dapat dipercaya. Situs lainnya adalah CollectPlaza.com. Pemilik situs ini, Rob Huisman, sangat akrab di telinga kolektor Indonesia. Selain karena rutin mengadakan lelang uang yang banyak diikuti kolektor-kolektor tanah air, kolektor Belanda ini adalah kolektor spesialis uang Netherlandsche Indie dan Oeang Republik Indonesia (ORI). Ia bahkan melakukan penelitian khusus tentang kode rahasia pada nomor seri ORI.

Penjual-penjual yang situsnya memakai layanan gratis biasanya masih menggunakan metode penjualan konvensional. Maksudnya, transaksi dilakukan seperti layaknya berbelanja di pasar atau supermarket, di mana pembeli masih harus berhubungan langsung (via email, sms atau telepon) dengan penjual. Sedangkan situs yang memakai nama domain sendiri umumnya sudah menerapkan sistem penjualan otomatis dengan memakai program-program tertentu. Dengan demikian pembeli dapat berbelanja tanpa sekalipun mengadakan kontak dengan penjual.

Situs Lelang
Alternatif lain dalam berburu uang lama adalah dengan mengikuti lelang online. Untuk urusan yang satu ini, eBay.com yang merupakan situs lelang terbesar dunia menjadi rujukan nomor satu. Luasnya jangkauan eBay membuat uang lama yang ditawarkan di situs tersebut sangat beragam, seberagam negara asal para penjualnya.

Kolektor uang asing dijamin betah berlama-lama mengakses eBay. Pasalnya hampir seluruh uang yang ada di dunia ini dapat dibeli di eBay. Mulai uang negara-negara maju di Eropa dan Amerika, uang negara-negara Afrika, Asia, dan Amerika Latin, sampai uang dari negara-negara yang namanya jarang didengar. Saking lengkapnya, kolektor bahkan bisa memperoleh uang dari negara yang belum diakui kedaulatannya oleh dunia internasional. Republik Nagorno Karabakh, misalnya.

Membeli di eBay juga berpeluang mendapatkan koleksi bagus dengan harga di bawah acuan katalog terpercaya, semacam Standard Catalog of World Paper Money terbitan Krause Publication. Uang Iran pecahan 500 rial 1982 (P-137) yang di katalog dihargai minimal $3.00, di eBay bisa diperoleh dengan harga $1.00 saja. Namun sebaliknya, tak jarang pula uang yang di katalog harganya tak sampai $1.00 dijual dua hingga tiga kali lipat. Jangan buru-buru menyalahkan penjual, sebab proses lelanglah yang membuat harga sebuah barang di eBay jadi melambung terlalu tinggi.

Dari sekian keunggulannya, berbelanja di eBay memiliki satu kelemahan. Karena alasan jauhnya jarak, penjual eBay kerap mengenakan ongkos kirim lumayan tinggi. Lucunya, tak jarang ongkos kirim malah lebih besar dari harga uang yang dibeli. Saya sendiri pernah mengalaminya saat membeli satu set uang China seharga $0.95, tapi ongkos kirimnya $3.00. Toh, meski demikian uang sebanyak total $3.95 yang saya keluarkan itu masih terhitung murah bila dibandingkan dengan koleksi yang diperoleh.

Untuk situs lelang lokal dengan item uang-uang lama Indonesia, nama Kintamoney.com pantas jadi pilihan nomor satu. Banyaknya jumlah pedagang dengan beragam jenis uang menjamin tersedianya banyak pilihan untuk dimenangkan. Apalagi transaksinya menggunakan mata uang rupiah dan pembayaran bisa ditransfer melalui bank.



Creative Commons License

Tulisan berjudul Di Mana Membeli Uang Lama? ini dilindungi lisensi Creative Commons. Anda bebas menyalin, mendistribusi, dan atau mentransmisi sebagian atau seluruh isi artikel untuk tujuan nonkomersil, serta dengan menyebutkan sumber artikel. Terima kasih.

Yuk, biasakan berkomentar dengan santun dan cerdas!

Gunakan akun Facebook untuk mengomentari artikel/berita ini. Nama Facebook-mu, foto, dan informasi personal lain yang kamu tandai sebagai 'Public' di akun Facebook, akan tampil bersama dengan komentarmu. Berkomentarlah yang sopan.


Online Support

CS 1

CS 2


M.E.N.U

Cara Order

Pembayaran

Ongkos Kirim

Kontak Kami

Tentang Kami