14 Februari 2012

Nominasi IBNS Banknote of the Year 2011

AGENDA tahunan organisasi numismatik sedunia, International Bank Note Society (IBNS), yang bertajuk IBNS Banknote of the Year kembali digelar. Pemilihan uang terbaik versi IBNS ini biasa dilakukan tiap awal tahun.

Uang terbaik tahun 2011 diumumkan pada awal tahun 2012. Jadi, dalam bulan ini numismatis di seluruh penjuru dunia tengah menanti-nantikan uang manakah yang akan terpilih sebagai IBNS Banknote of the Year 2011.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, jumlah nominasi mencapai lebih dari 10 uang dari 10 negara. Kali ini yang masuk nominasi 12 uang baru dari 12 negara. Yang menarik bagi saya, dari ke-12 nominasi tersebut 5 diantaranya merupakan uang dari negara-negara anggota Commonwealth alias eks jajahan Inggris. Dari angka itu, 3 uang bergambar Ratu Inggris.

Saya tidak tahu bagaimana pendapat Anda, namun saya sangat terkejut uang 20 zloty Polandia dan 50 pound Sudan tidak masuk nominasi.

Bagi saya, kedua uang ini bahkan lebih bagus daripada Costa Rica 1.000 colones, Sudan Selatan 100 pound, atau Canada 100 pound. Tapi, begitulah. IBNS punya kriteria dan ukurannya sendiri. Kalau saja saya terdaftar sebagai anggota IBNS, uang Sudan 50 pound pasti akan saya daftarkan dalam nominasi.

Ingin tahu uang mana saja yang masuk nominasi? Berikut daftarnya:


Berbeda pendapat dalam hal ini tentu hal wajar. Sekarang kita tunggu saja keputusan dari IBNS. Uang negara manakah yang kelak terpilih sebagai IBNS Banknote of the Year 2011.
BAGIKAN ARTIKEL INI
loading...

0 comments: