Langsung ke konten utama

The 2009 Banknote of the Year

THE IBNS Bank Note of the Year adalah ajang tahunan yang diadakan oleh International Bank Notes Society alias IBNS. Penilaian dititik-beratkan pada sisi desain, di mana uang-uang kertas yang memiliki desain menawan berpeluang besar menjadi jawara. Pemberian gelar dilakukan di awal tahun berikutnya. Jadi, Bank Note of the Year 2009 merupakan uang yang terbit di tahun 2008.

Tahun ini, setelah mereview seluruh mata uang baru yang diterbitkan oleh negara-negara dunia di tahun 2008, Board of Directors IBNS memilih uang Samoa pecahan 20 tala sebagai The 2009 Banknote of the Year. Uang ini mengalahkan delapan nominasi lain yang diajukan oleh member-member IBNS di seluruh dunia. Kebetulan sekali, kedelapan nominasi tersebut juga berasal dari region pasifik.

Uang Samoa 20 tala didominasi oleh warna kuning menyala bercampur kuning keemasan. Juri IBNS suka pada inisiatif Bank Sentral Samoa yang lebih mengangkat potensi wisata negaranya sebagai gambar ketimbang foto tokoh terkenal. Di bagian depan uang ini terdapat gambar sebuah air terjun yang tidak disebut namanya oleh IBNS, dan di sebelah belakang terdapat gambar burung nasional Samoa (Manumea) bersama bunga nasional Samoa (Teuila). Keduanya merupakan simbol kenunikan pemandangan alam Samoa.

Desain uang ini dibuat oleh perusahaan produsen uang ternama, De La Rue Currency. Perusahaan yang bermarkas di Inggris ini sudah dikenal luas sebagai jagonya desain uang, di mana faktor keindahan dan keamanan menjadi titik berat mereka. De La Rue Currency juga sempat dipercaya pemerintah Indonesia untuk mendesain beberapa pecahan rupiah. Terutama uang-uang yang beredar di masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Penasaran dengan tampilan sang pemenang? Ini dia gambarnya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Rp100 Perahu Layar

Rp100 Tahun 1982 Gambar Badak

Rp500 Tahun 1992, Uang Orangutan

Kontak Kami